Bersihkan Organ Intim Usai Bercinta

Bersihkan Organ Intim Usai Bercinta
AGAR terhindar dari gangguan kesehatan, segera bersihkan organ intim usai bercinta. Kendati demikian, membersihkan organ intim harus tepat dan tidak berlebihan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Baik pria dan wanita, rutinitas membersihkan organ intim cukup dengan air saja. Penggunaan sabun antiseptik secara berlebihan justru mengurangi jumlah kuman baik yang dibutuhkan tubuh.

"Usai bercinta, bersihkan segera organ intim dengan air. Dengan air saja cukup. Boleh pakai sabun, tapi tidak perlu berlebihan. Untuk wanita yang biasanya suka memakai pembersih khusus Miss V, sebaiknya tidak digunakan terlalu sering. Karena di situ banyak sekali kuman baik yang dibutuhkan. Kalau kekurangan flora, malah dapat menimbulkan penyakit," tutur Dr Hanny Nilasari SpKK dari FKUI RSCM, saat ditemui okezone di FX Plaza, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Dr Hanny menganjurkan, pemakaian sabun atau sabun antiseptik khusus pada organ intim cukup dilakukan sekali saja.

"Gunakan seperlunya, sekali saja untuk meminimalisir kuman jahat. Tidak perlu rutin digunakan," sarannya.

Hal yang sama juga disarankan kepada para pria. Mr P harus segera dicuci bersih dengan air dan sabun seperlunya. Tetapi bagi pria yang tidak disunat, pembersihan harus dilakukan lebih bersih menggunakan sabun antiseptik.

"Begitu juga pada laki-laki. Pada laki-laki setelah habis berhubungan seks, segera bersihkan Mr P cukup pakai air saja. Kecuali untuk pria yang tidak di sunat harus sering-sering membersihkan kelaminnya. Paling tidak sehari sekali dibasuh pakai sabun. Karena kulup Mr P yang tidak disunat, bisa menjadi sarang kuman," tandasnya.
sumber

Artikel lain yang perlu anda baca :
- 10 tips sehat
- Tips perawatan anti aging
- Kiat sehat ala Rasulullah SAW
- Gaya hidup sehat
- Tips berhenti merokok
- Pentingnya kesehatan reproduksi wanita
- Menjaga kesehatan miss v
- tips mengetahui kesehaan miss v