Cara Merawat Kulit

Cara merawat kulit amatlah penting karena kecantikan dimulai dengan perawatan kulit yang tepat. Kulit sehat adalah kanvas yang sempurna untuk makeup.
Selama bertahun-tahun, permintaan untuk produk baru telah menimbulkan banyak kehebohan dalam industri perawatan kulit. Namun, sebagian besar dari klaim yang dibuat cenderung sangat spekulatif dan sangat sedikit yang terbukti dalam uji klinis.
Lini produk perawatan kulit seharusnya sederhana, efektif dan mudah digunakan. Bahan yang digunakan pun kalau bisa sesedikit mungkin sehingga mengurangi kemungkinan iritasi kulit. Ingat, bahan yang bermanfaat untuk satu orang, bisa sangat mengganggu kulit orang lain. Pada kenyataannya, hampir semua bahan memiliki potensi untuk membuat kulit Anda iritasi.

MEMAHAMI KULIT ANDA
Percaya atau tidak kulit Anda adalah organ terbesar dari tubuh Anda. Ini adalah organ hidup yang menyembuhkan dan memperbaharui diri terus-menerus. Kulit mencakup seluruh tubuh Anda dan terdiri dari dua lapisan:

1. Epidermis adalah lapisan terluar kulit. Dengan lain kata-kata, ini adalah kulit yang bisa dilihat dan dirasakan. Lapisan ini membentuk tutup pelindung. Lapisan ini tidak berisi pembuluh darah tetapi memiliki ujung saraf kecil dan terdiri dari lima lapisan sel. Pigmen yang disebut Melanin ditemukan dalam lapisan ini. Melanin melindungi sel-sel sensitif di bawahnya dari efek berbahaya matahari. Semakin lama kulit terkena sinar matahari, semakin besar produksi melanin.

2. Dermis atau lapisan dalam terletak tepat di bawah epidermis. Lapisan ini sangat sensitif karena mengandung ujung saraf. Dermis juga banyak mengandung pembuluh darah, saluran getah bening, kelenjar keringat, kelenjar sebasea dan folikel rambut. Mereka disatukan oleh kolagen dan serat elastin, yang bersama-sama memberikan kulit kekuatan dan ketahanan.
Setiap folikel rambut memiliki kelenjar sebaceous, yang menghasilkan sebum. Kelebihan sebum membuat kulit Anda terlihat dan terasa berminyak. Jika leher kelenjar sebaceous tersumbat, sebum terakumulasi, sehingga menimbulkan jerawat. Sebaliknya, kekurangan produksi sebum menghasilkan kulit kering.
Masa remaja Anda bisa jadi waktu terbaik atau terburuk Anda tergantung pada aktivitas hormon Anda. Umumnya, masa puber adalah waktu yang buruk bagi kulit Anda. Jika Anda terhindar dari serangan jerawat yang biasanya berhubungan dengan masa remaja, maka kemungkinan besar Anda juga akan terhindar dari masalah jerawat pada umur 20an dan 30an.

Kulit Anda akan terlihat terbaik saat Anda berumur 20an. Tetapi, tetap dapat terpengaruh oleh alergi, ketidakseimbangan hormon, stres, dan terekspos elemen.
Pada umur 30an, kulit Anda mungkin mulai kehilangan kemudaannya. Anda mungkin mulai melihat munculnya kekeringan dan garis-garis halus. Kulit cenderung lebih sensitif dan ekstra perawatan khusus diperlukan selama periode ini. Pada masa ini, Anda harus melakukan pencegahan terhadap penuaan dini, maka pakailah pelembab dan tabir surya (sun block) dengan SPF 30 setiap hari.

Pada umur 40an, produksi hormon Anda melambat dan kulit mulai kehilangan kekencangan dan elastisitas, sehingga menimbulkan keriput, lipatan dan garis-garis halus. Pada masa ini, pakailah pelembab yang lebih kuat dan mengandung antioksidan. Obat dengan Vitamin A juga membantu menghaluskan garis – garis dan keriput di wajah Anda.
Pada umur 50an, Menopause mengubah segalanya, termasuk kulit. Karena produksi estrogen melambat, kulit bisa menjadi kering dan tipis. Jika Anda memilih untuk tidak mengambil terapi hormon pengganti, Anda mungkin akan perubahan yang lebih dramatis. Bicarakan dengan dokter kulit Anda tentang produk yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti meningkatkan peptida kolagen.

Pada umur 60an, jika Anda telah melakukan perawatan kulit Anda, itu akan terbayar sekarang! Lakukan dengan lembut saat Anda mencuci dan mengelupas (exfoliate) wajah, karena akan memakan waktu lebih lama bagi kulit Anda untuk memperbaiki diri.
Walaupun perubahan ini terjadi secara alami bersamaan dengan usia Anda, mereka dapat diminimalkan dan dikendalikan dengan merawat kulit Anda dengan baik. Cara merawat kulit yang paling simpel adalah dengan melakukan pembersihan, toning dan pelembaban kulit Anda dua kali sehari untuk membantu Anda meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda.

karena Anda telah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kulit Anda dan bagaimana cara kerjanya, Kami yakin Anda tahu bahwa waktu untuk memulai perawatan rutin bagi kulit Anda adalah SEKARANG!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.