Sisi Lain Foto Syur Nikita Mirzani Yang Sedang Bugil

Natural crystal x - Beberapa hari ini saya mencoba untuk melihat kebanyakan orang mencari berita di media online ini. Hasilnya memang membuat saya kaget sekali, yaitu tentang foto syur nikita mirzani yang sedang bugil rame dicari oleh pengguna internet ini. Dan memang untuk beberapa waktu yang lalu syi'ah juga sempat menjadi berita terhangat berkenaan dengan kericuhan di Sampang Madura.

Mungkin inilah fenomena dari masyarakat kita yang masih suka dengan gosip yang belum tentu benar adanya. Padahal sudah sangat jelas sekali yang namanya gosip bisa juga menjadi ghibah yang dilarang dalam islam. Untuk kita sebagai seorang muslim tidak seharusnya kita menghibah orang lain, apalagi berkenaan dengan aib seseorang. Keharamannya disebutkan secara gamblang dalam Al-Qur'an dengan permisalan yang sangat menjijikkan, agar kaum muslimin mejauhinya. Allah Ta'ala berfirman,

وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

"Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain.  Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.  Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hujuraat: 12)

Ibnu Katsir rahimahullah dalam menafsirkan ayat ghibah di atas mengatakan, "Ghibah (menggunjing) diharamkan menurut ijma'. Tidak ada pengecualian darinya kecuali jika ada mashlahat yang lebih, seperti dalam konteks jarh wa ta'dil dan nasihat."

Imam al-Qurthubi rahimahullah mengatakan, "Ijma' menyatakan bahwa ghibah termasuk salah satu dari dosa besar. Dan wajib bertaubat kepada Allah darinya."

Permisalan yang disebutkan Al-Qur'an menunjukkan keharaman dan buruknya perbuatan ghibah terletak pada kalimat, "Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya."

Dalam konteks ini Allah memburukkan perilaku ghibah agar orang-orang menjauhinya. Sebab seluruh manusia pasti menganggap perbuatan memakan daging manusia sebagai sesuatu yang menjijikkan. Terlebih yang dimakan adalah saudara kandungnya sendiri ataupun saudara seiman. Lalu bagaimana kalau yang dimakan adalah daging yang sudah busuk?!

Al-Qurthubi mengatakan, "Allah mengumpamakan ghibah dengan memakan bangkai, karena bangkai tidak tahu kalau ia dimakan. Begitu juga dengan orang hidup, ia tidak tahu gunjingan orang yang menggunjingnya."
Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma mengatakan, "Sesungguhnya Allah membuat perumpamaan ini untuk perbuatan ghibah, karena memakan daging bangkai adalah perbuatan haram yang menjijikkan, begitu juga ghibab, haram dalam pandangan agama dan buruk menurut penilaian jiwa."

Qatadah rahimahullah berkata, "Sebagaimana salah seorang kalian dilarang memakan daging saudaranya yang sudah mati, begitu juga wajib menjauhi menggunjingnya sewaktu ia masih hidup.

Ghibah ataupun gosip merupakan hal yang sangat tidak bermanfaat bagi seorang muslim sehingga kita perlu tahu pentingnya menuntut ilmu tentang itu. Masih banyak kerjaan yang bisa dikerjakan oleh seorang muslim selain memperbincangkan gosip yang beredar. Semoga saja gosip yang berkembang mengenai "foto syur nikita mirzani yang sedang bugil" tidak menjadi santapan telinga kita atau kita sendiri yang suka mengikutinya. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.