Waspadai Bahan Kimia Dalam Makanan

Waspadai Bahan Kimia Dalam Makanan yang mungkin sering kita konsumsi sehari-hari. Hal ini bermanfaat untuk mencegah bahaya yang mungkin timbul akibat keseringan mengkonsumsi bahan kimia tersebut. Sehingga bukan kesehatan yang kita dapatkan, namun bahaya yang akan menimpa kita.

Waspadai Bahan Kimia Dalam Makanan


Natural crystal x - Makanan yang biasa kita beli di tempat perbelanjaan atau mall sebaiknya kita teliti kandungan bahan-bahan yang ada. Jangan hanya karena mengikuti mode makanan yang sedang booming ternyata makanan itu kurang sehat untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Makanan yang tidak sehat salah satunya mengandung pengawet atau bahan kimia.

Untuk menghindari hal ini, alangkah lebih baik untuk membeli bahan makanan segar kemnudian memasak sendiri, yang dipastikan lebih bersih sehat dan bebas bahan kimia berbahaya. Berikut diantara bahan kimia berbahaya dalam makanan yang wajib kita waspadai bersama :

1. Asam sorbat. Merupakan bahan pengawet yang mudah kita temukan dalam makanan yang dikemas. Walaupun sudah dinyatakan aman dari FDA namun dalam penggunaannya tidak boleh terlalu sering dari makanan yang kita konsumsi. Dan menggunakan pengawet alami lebih sehat dan aman.

2. Lemak Trans. FDA melarang penggunaan lemak trans pada makanan karena berbahaya bagi kesehatan. Lemak trans yang dicampur dalam makanan akan membuat makana lebih terasa enak dan membuat masa simpan lebih lama dari yang lain. Lemak trans sering dikatikan dengan penyakit jantung karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3. Monosidum Glutama atau yang lebih dikenal dengan MSG. Zat yang digunakan sebagai penguat rasa ini membuat makanan lebih terasa gurih. Meskipun menunjukkan data yang aman, namun dari beberapa orang yang sensitif akan memicu sakti kepala dan asma. Disamping itu ada yang percaya bahwa kanker bisa dipicu dari MSG

4. Pewarna makanan. Beberapa zat pewarna makanan banyak yang dinyatakan sehat oleh pihak berwenang. Namun kesadaran masyarakat untuk menggunakan zat pewarna makanan membuat mereka akan lebih sehat. Zat pewarna makanan alami biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan.

5. Akrilamida. Adalah sejenis zat yang timbul akibat makanan yang dipanaskan dalam suhu yang cukup tinggi. Seperti halnya dibakar, digoreng dan atau dipanggang. Dalam sebuah penelitian tingginya zat ini timbul pada makanan yang digoreng, terutama pada kentang kemudian makanan yang dipanggang. Walaupun belum teruji berbahaya untuk manusia, namun dalam penelitian pada hewan zat ini memicu kanker.

Kita wajib menjaga kesehatan masing-masing dengan waspada terhadap bahan kimia dalam makanan yang kita konsumsi. Makanan sehat alami bisa kita upayakan sendiri tanpa harus tercampur berbagai bahan kimia diatas. Semoga selalu dalam kesehatan dengan mengupayakan makanan yang sehat. Artikel terkait sumber makanan zat besi dan makanan anti kolesterol.