Waspadai Thypus Sebelum Terlambat

Natural crystal x - Memasuki musim pancaroba, masyarakat perlu mewaspadai Thypus sebelum terlambat yang merebak dalam kondisi lingkungan yang sangat buruk. Biasanya penyakit ini terjadi sepanjang tahun, namun karena perubahan lingkungan menyebabkan terjadinya peningkatan penyakit ini.

Penyakit Thypus ini tidak boleh dianggap enteng. Penderita Thypus dapat mengalami komplikasi perdarahan pada usus halus dan usus halus berlubang, infeksi paru, infeksi empedu. Pengobatan penderita Thypus juga harus dilakukan secara total.

Pengobatan yang tak tuntas, membuat bakteri akan terus terbawa dan berkembang biak. Bahkan tingkat kemungkinan kambuh lagi dapat mencapai 15 persen. Selain itu penyakit ini juga dapat kambuh sesudah 2 minggu pemberian antibiotik.

Seseorang dapat terkena penyakit Thypus dari makanan atau air minum yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi. Oleh karena itu, sanitasi dan higienitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari Thypus. Sebelum terlambat alangkah baiknya jika kita mengambil langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit ini.
Pencegahan Thypus dapat kita lakukan mulai dari hal yang sederhana, seperti :
1. Memperhatikan makanan dan minuman kita sehari-hari.
2. Hindari jajan atau membeli makanan dan minuman di tempat yang kurang bersih.
3. Konsumsi makanan dan minuman matang.
4. Lindungi makanan dari lalat, kecoa dan tikus (hewan-hewan tersebut dapat membawa bakteri Salmonella typhi yang merupakan penyebab Thypus).

Kita juga harus senantiasa memperhatikan kebersihan sanitasi & lingkungan sekitar, diantaranya :
1. Selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelah ke setelah beraktifitas (terutama habis dari WC)
2. Jangan membuang sampah sembarangan sehingga mengundang lalat karena lalat dapat membawa bakteri Salmonella typhi dari feses ke makanan.
3. Jika di rumah banyak lalat harus dibasmi hingga tuntas untuk menghindari dari penyebaran bakteri penyebab Thypus.
Selain dengan memperhatikan kebersihan makanan dan lingkungan, saat ini pencegahan terhadap kuman Salmonella sudah bisa dilakukan dengan vaksinasi. (lihat informasi vaksin Thypus)

Lalu bagaimana caranya agar dapat benar-benar sembuh dari Thypus?
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh penderita Thypus :
1. Berobat tuntas, istirahat total, makan makanan yang lunak (agar tidak memperberat kerja usus), dan antibiotik yang diberikan dokter dihabiskan (bila sudah dibuktikan dengan pemeriksaan biakan darah BUKAN tes widal). Dengan demikian hampir semua bakteri mati dan sisa bakteri yang masih hidup dapat diatasi oleh sistem kekebalan tubuh.
2. Hindari jajan di sembarang tempat, selalu perhatikan kebersihan makanan.
3. Peningkatan daya tahan tubuh dengan pola makan teratur & seimbang, olahraga dan istirahat yang cukup.

Demikian artikel saya mengenai mewaspadai thypus sebelum terlambat yang saya ambil dari berbagai sumber. semoga bermanfaat buat sahabat sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.